Ribuan Siswa dan Ratusan Guru di SMKN 1 Bawang, Gelar Sholat Istisqa di Lapangan - Jendelaindo

Breaking

Home Top Ad

Iklan Spesial

10/13/2023

Ribuan Siswa dan Ratusan Guru di SMKN 1 Bawang, Gelar Sholat Istisqa di Lapangan

Banjarnegara, Jendelaindo - Ribuan siswa dan ratusan guru SMKN 1 Bawang Banjarnegara (Skansa) menggelar salat Istisqa. Salat Istisqa berjamaah tersebut digelar di lapangan upacara, Kamis (12/10/2023) sebagai ikhtiar agar hujan segera turun, mengingat dampak kekeringan yang terus meluas di Banjarnegara.

Dua ribu lebih siswa dari 58 kelas, 150 guru dan karyawan SMKN 1 Bawang khidmat dalam kegiatan tersebut, yang dilanjutkan dengan khutbah oleh Ustaz H. Drs. Munfarid, M.Ag yang merupakan guru Agama Islam dan Budi Pekerti.

Kepala SMKN 1 Bawang, Drs Supriyadi MM, mengatakan, digelarnya kegiatan istisqo tersebut, sebagai ikhtiar ruhani agar hujan segera turun mengingat kemarau panjang yang kondisinya menyusahkan, yakni berdampak pada kekeringan dan kesulitan air bersih.

“Yang kedua solat sunnah muakad istisqo ini juga sebagai edukasi karena kita juga inginkan karakter anak semakin meningkat, minimal mereka memiliki pengalaman melaksanakan solat istiqo,” kata Supriyadi.

Dampak kekeringan bagi siswa di sekolahnya juga sangat terasa, terutama bagi siswa yang berasal dari wilayah selatan Banjarnegara yang merupakan wilayah rawan kekeringan dan kekurangan air. Dia juga berharap, dengan kegiatan yang diikuti oleh semua peserta didik yang beragama islam dan guru serta karyawan tersebut menjadi wahana ukuwah di lingkungan sekolah.

Sementara itu Ustaz H. Drs. Munfarid, M.Ag dalam khutbahnya mengajak siswa dan guru untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan. Munfarid mengatakan, perubahan iklim telah menyebabkan perubahan drastis yang terjadi pada musim dan suhu bumi. 

“Seperti hari ini, kita sangat sulit pemprediksi kapan akan musim hujan dan kapan akan kemarau. Kemudian juga peningkatan suhu yang disebut sebagai global warming atau pemanasan global. Secara ilmiahnya seperti itu,” kata guru yang akrab disapa Abah Farid ini.

Sementara itu, dari kaca mata agama, hal ini juga berhubungan dengan perilaku secara spiritual. Untuk itu dia mengajak untuk menghindari maksiat dan perbuatan merusak lingkungan seperti membuang sampah sembarangan, membabat hutan, dan pembakaran lahan.

“Sebagai ikhtiar ruhani, banyak amalan yang perlu kita laksanakan salah satunya salat sunah yaitu salat istiqo, yaitu salat minta hujan. Namun demikian, hanya Allah lah yang memiliki kuasa dan mengabulkan segala ikhtiar kita,” pungkasnya. Red/Tim