Cordoba Motor Kontes, Ajang Kreativitas di Milad SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara ke-30

Foto: Nining Safitri (kanan berjilbab), Ketua Panitia sekaligus Ketua Osis SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara. Dok//Arief Ferdianto

Banjarnegara, Jendelaindo - Dalam rangka milad yang ke 30 tahun, SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara mengadakan berbagai macam lomba, salah satu lomba yang mencuri perhatian ialah Cordoba Motor Kontes.

Lomba ini diyakini bukan hanya sekedar hiburan semata saja, namun hal ini dapat memberikan pelajaran tentang pendidikan dan kreativitas pada para pelajar.

Cordoba Motor Kontes ini menjadi ajang yang memperlihatkan bahwa pendidikan tidak hanya berfokus pada pelajaran akademik saja, melainkan juga tentang mengasah keterampilan praktis dan kreativitas para pelajar.

Dalam hal ini, SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara telah memberikan pelajaran tentang bagaimana kreativitas dapat menumbuhkan inovasi dalam bidang otomotif.

Selain itu, ajang ini juga menyampaikan pesan, bahwa kreativitas dapat diterapkan dalam berbagai hal, seperti melalui modifikasi sepeda motor, perawatan mesin motor serta hal-hal lain yang bisa menjadi lebih kreatif sekaligus berguna dan aman dalam digunakan.

Sehingga para pelajar menjadi terbawa untuk tidak takut dalam berinovasi, dan memperlihatkan kemampuanya selain dari pelajaran akademik yang mungkin lebih sering dibahas dan diperhatikan di lingkungan pendidikan.

Kegiatan ini juga menjadi bukti, bahwa dengan memberikan ajang lomba serupa, maka sekolah akan membantu para pelajar untuk mengembangkan keterampilan-keterampilannya.

Dengan demikian, akan ada banyak pelajar yang mampu melampaui pelajaran di kelas dan menjadikan ilmu yang mereka peroleh di kelas sebagai landasan untuk memperlihatkan kreativitas mereka dalam praktek.
Nining Safitri selaku Ketua Panitia sekaligus Ketua Osis di SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara menjelaskan, "Tujuan diadakanya Cordoba Motor Kontes dalam Milad Ke-30 SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara ini ialah, mengajarkan kreativitas dalam modifikasi sepeda motor, sekaligus pentingnya keselamatan dalam berkendara, Lomba ini juga memberikan pengalaman yang berharga bagi para siswa untuk mendalami kemampuanya di bidang otomotif.

"Melalui lomba ini, para siswa mampu memperoleh pengetahuan praktis tentang teknik-teknik otomotif dan cara merawat kendaraan, termasuk cara merubah aksesori dan modifikasi performa pada sepeda motor. Selain itu, para siswa juga dapat belajar menghargai aneka jenis sepeda motor dan merasakan pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan." Pungkas Nining.
Jumlah sepeda motor yang mengikuti dalam Cordoba Motor Kontes tersebut sebanyak 66 unit, hal itu disampaikan langsung oleh Heri Tato selaku Juri diacara tersebut.

"Sebanyak 66 unit sepeda motor yang ikut dalam Cordoba Motor Kontes ini ada 5 kategori kelas yang nantinya akan kita ambil, ketegori tersebut diantaranya Greek style, classic, daily matic, daily sunmori dan proper matic. Sedangkan untuk penilainya diambil dari sisi Keserasian motor, kegunaan dalam berkendara di jalan raya, sepion, plat nomor dan lain-lain." Kata Heri.

Sementara, di tempat yang sama Kepala SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara Ngusman, S.Pd mengatakan, "Rangkaian Milad Ke-30 ini dilaksanakan selama 4 hari, dimulai sejak Kamis, Jumat, Sabtu dan Senin.

"Acara ini diawali Sarasehan bersama para Guru-guru pengajar di SMK Cokroamino 2 Banjarnegara, Kamis (09/05/2024), serta diteruskanya dengan lomba-lomba untuk para Siswa, seperti lomba Mobile Lagends, Desain Grafis dan lomba kebersihan Kelas yang bertujuan untuk melatih kedisiplinan terhadap siswa." Ujarnya.

Disamping itu, masih kata Ngusman "Selain mengadakan lomba untuk para siswa, para guru juga ikut meramaikan lomba parak lele, yang bertujuan untuk berbaur dengan para siswa.

"Dihari terakhir ini, Senin (13/05/2024), SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara mengadakan kontes motor yang dikemas dalam Cordoba Motor Kontes, dimana para pesertanya diikuti 50 persen dari siswa SMK kami dan 50 persen umum." Pungkas Ngusman kepada Wartawan.


(arf/bdi)
PASANG IKLAN DI SINI