Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

6/27/2024

Meningkatkan Kualitas Ekowisata Melalui Pelatihan Pemandu Wisata Alam di Banjarnegara

Banjarnegara, Jendelaindo - Kabupaten Banjarnegara memiliki keindahan alam yang masih alami. Namun, potensi wisata alam yang ada perlu didukung dengan SDM (pemandu wisata) yang profesional.

Oleh karena itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara memberikan pelatihan ekowisata kepada sedikitnya 40 penggerak dan pemilik destinasi wisata di Kabupaten Banjarnegara.

Pelatihan yang dilaksanakan selama 4 hari di Rejasa Room Hotel Surya Yudha Park Banjarnegara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pengelolaan wisata alam dengan produk keindahan alam eksotis yang ramah lingkungan.

Selain diberikan pemahaman secara teori, peserta juga diajak berkunjung ke objek wisata alam berbasis keindahan lingkungan pegunungan.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara, Drs Tursiman, MSi, para pemandu wisata yang kompeten dapat menikmati keindahan alam dan mendukung terhadap konservasi, sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

"Adapun pelatihan pemandu ekowisata bertujuan untuk menarik wisatawan dan menjadikan keindahan alam eksotik menjadi tujuan utama dalam rekreasi."katanya.

"Harapannya, wisatawan menjadi betah tinggal berlama - lama di objek wisata tersebut," ungkap Tursiman.

Disampaikan juga bahwa pelatihan pemandu Ekowisata bertujuan untuk menarik wisatawan dan menjadikan keindahan alam eksotik menjadi tujuan utama dalam rekreasi.

"Banjarnegara itu banyak memiliki destinasi wisata alami,  dengan memiliki pemandu wisata yang kompeten, maka wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang ada serta mendukung terhadap konservasi sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat setempat," ujar Tursiman.

Ekowisata lanjut Tursiman, memiliki banyak tujuan seperti telah disebutkan tadi. Namun semuanya merujuk kepada aspek pendidikan, pemberdayaan, konservasi, dan perekonomian masyarakat lokal.

Ke depan, para pemandu ekowisata dapat memberikan pendidikan lingkungan kepada wisatawan guna memperkecil dampak negatif yang bisa merusak karakteristik lingkungan dan kebudayaan pada daerah yang dikunjungi.

Senada juga disampaikan Tri Mulyati, dalam kegiatan pelatihan pemandu Ekowisata melibatkan LSP Gunadarma, Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Sedang kegiatan meliputi, pemaparan materi, praktek kepemanduan ekowisata, kunjungan ke Desa Wisata Lerep di Kabupaten Ungaran.

"Di lapangan, para peserta praktek untuk kepemanduan. Sementara Pelatihan diikuti oleh pengelola wisata alam dan desa wisata," Tri Mulyati panitianya kegiatan pelatihan pemandu Ekowisata di Banjarnegara.

(aff/fwb)

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot