Puncak Harganas ke 31 Magetan, di Kampus 5 Unesa Magetan Pendidikan Keluarga Itu Penting - Jendelaindo

Breaking

Home Top Ad

Iklan Spesial

7/21/2024

Puncak Harganas ke 31 Magetan, di Kampus 5 Unesa Magetan Pendidikan Keluarga Itu Penting

Magetan, Jendelaindo - Peringatan Hari Keluarga Nasional ke 31 Kabupaten Magetan dilaksanakan di  Kampus 5 Unesa Magetan sekaligus sebagai kegiatan Louncing Akbar kampus tersebut.

Plt. Sekertaris Perwakilan BKKBN Propinsi Jatim, Sofyan Rizalanda dalam sambutannya menyatakan, pelaksanaann Harganas di kampus baru pertama kali dilaksanakan.

Dia mengaku mengapresiasi kegiatan kaii ini dimana peringatan Harganas untuk pertama kali dilaksanakan tahun 1949 saat agresi militer Belanda kedua.

Ditanggal 29 Juni para pejuang kembali ke keluarga, ini menjadi tonggak untuk peringatan hari keluarga. Sebagai unit terkecil dari negara, keluarga yang kuat akan menguatkan negara juga," ujarnya.

Sofyan menambahkan, untuk menjadikan keluarga kuat harus diperhatikan lingkungan sekitar, seperti stunting yang harus diperhatikan mulai dari calon pengantin, ibu hamil dan balita.

Terhadap kalangan akademisi Unesa Sofyan berharap  lingkungan kampus juga ikut membangun waawasan pendidikan dimasukkan disetiap perkuliahan bahwa penduduk adalah subjek dan objek pembangunan.

"Warga Magetan jangan sampai ada yang bumilnya kurang besi karena kurang makan sayur, untuk keluarga yang mempunyai balita, datangi posyandu, untuk memantau tumbuh kembang buah hati,” imbuhpnya

Sementara Sekretaris Wakil Direktur 2 Kampus 5 Unesa Magetan, Gading Gamaputra dalam sambutannya m ngatakan, saat ini pembangunan kampus 5 Unesa di Magetan telah siap diresmikan dan telah menerima 4.000 pendaftar dari seleksi yang dilaksanakan terpilih 1.044 mahasiswa.

Kampus dibangun  sejak 22 September 2022 di atas tanah seluas 13,5 hektar yang berlokasi di Jalan Barat, RT 17, RW 4, Kelurahan Maospati, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, tahun ini sudah siap digunakan untuk perkuliahan.

“Gedung Unesa 5 Magetan, sudah berdiri dan sudah dipergunakan untuk perkuliahan, target 1200 mahasiswa.  Dari 4000 pendaftar, setelah seleksi didapat 1.044 mahasiswa. Kepada masyarakat Magetan mahasiswa Unesa Kampus 5, untuk dianggap sebagai keluarga sendiri diangap sebagai anak sendiri di Magetan,” ucapnya.

Dalam Peringatan Harganas ke 31 Pj Bupati Magetan Hergunadi berharap orang tua memahami perubahan pola pikir anak anak di era perkembangan tekhnologi digital. Orang tua menurutnya harus memahami sisi positif dan sisi negatif pengaruh digitalisasi kepada anak anak. Dia juga berharap keberadaan kampus 5 Unesa bisa meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Magetan.

“Permasalahan anak dari masa kemasa berbeda. Tolong dampingi anak-anak secara baik karena  perkembangan teknologi yang sangat pesat, membuat orang tua harus waspada dan bisa mengikuti perkembangan jaman, yang negatif dari perkembangan tehnologi untuk diantisipasi. Dengan adanya kampus ini akan meningkatkan SDM di Magetan.”  ucapnya.

(Agus)