Lantik Kades PAW Karang Kemiri, Pj Bupati Banjarnegara: Kades Agar Sering Terjun ke Lapangan - Jendelaindo

Breaking

Home Top Ad

Iklan Spesial

8/28/2024

Lantik Kades PAW Karang Kemiri, Pj Bupati Banjarnegara: Kades Agar Sering Terjun ke Lapangan

Banjarnegara, Jendelaindo - Penjabat (Pj) Bupati Banjarnegara Muhamad Masrofi  meminta Kepala Desa untuk rajin kelapangan untuk memastikan semua pelayanan program dan kegiatan berjalan tepat sasaran.

Hal tersebut disampaikannya saat melantik Sukar Sebagai Kepala Desa Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Karangkemiri, Kecamatan Wanadadi,  di Aula  Desa Karangkemiri Rabu (28/8/2024).

Pj Bupati Banjarnegara Muhamad Masrofi dalam sambutannya mengingatkan, terpilihnya Kepala Desa yang baru, merupakan langkah awal untuk melanjutkan berbagai program kerja yang selama ini telah dilakukan oleh Kepala Desa sebelumnya.

“Jadilah pamong bagi seluruh masyarakat, rajinlah turun ke lapangan untuk memastikan semua pelayanan program dan kegiatan berjalan tepat sasaran. Dan berhati -hati dengan penggunaan anggaran Dana Desa, jangan malu untuk bertanya dan jangan sampai berhubungan dengan ranah hukum,” Ujarnya.

Masrofi juga meminta agar Kades terpilih bisa memberikan yang terbaik dengan menjadi sosok yang mengayomi, memberikan keteduhan, serta rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Desa Karangkemiri.

Ia juga mengingatkan bahwa setelah dilantik menjadi kades banyak PR yang harus selesaikan, seperti  penurunan kemiskinan, penurunan dan pencegahan stunting, mengatasi anak putus sekolah, peningkatan derajat kesehatan dan masalah sosial lainnya.

“Saya berharap saudara mampu dengan secepatnya mempelajari situasi, kondisi, potensi dan problematika di Desa Karangkemiri,” lanjutnya.

Masrofi juga berpesan kepada anggota BPD, Lembaga Kemasyarakatan Desa maupun masyarakat di Desa Karangkemiri untuk mendukung Kepala Desa dan Pemerintah Desa agar dapat menyelenggarakan pemerintahan dengan baik.

“Berikan masukan-masukan yang kreatif, dan selalu berpartisipasi aktif dalam setiap penyusunan perencanaan, pelaksanaan pembangunan maupun dalam pengawasannya, agar anggaran dana desa yang masuk ke desa bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Sementara Kepala Desa terpilih Sukar mengatakan, setelah dilantik Ia akan segera berkonsolidasi dengan semua lembaga yang ada di Desa Karangkemiri dan akan bekerjasama membangun pemuda dan karang taruna.

Sementara untuk penanganan stunting dan kemiskinan, Ia berjanji akan meningkatkan anggarannya pada  tahun 2025.

Sementara programlainnya adalah melaksanakan program-program kerja desa, diantaranya segera melakukan perbaikan Infrastruktur jalan desa melalui TMMD.

Dibidang pertanian, Ia juga akan menjalin kerjasama dengan dinas pertanian dan Indonesia Power untuk mencari sumber air yang akan dimaksimalkan untuk pertanian.

Ia juga akan mengupayakan sumber air bersih untuk kepentingan warga di musim kemarau, karena jika musim kemarau warga Desa Karangkemiri juga kesulitan air bersih.

“Kita juga sudah mendapatkan bantuan  pompa air 3 unit untuk keperluan pertanian warga,karena pola pertanian di desa kami adalah pertanian tadah hujan,” kata Sukar
Sementara untuk pemberdayaan masyarakat,  Ia akan akan memberdayakan pemuda dan karang taruna dan Ibu-Ibu PKK dengan menggelar berbagai kegiatan.

Sukar sendiri dilantik sebagai Kepala Desa Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Karangkemiri menggantikan Kepala Desa sebelumnya Toto Sugianto yang mengundurkan diri.