Pemkab Banjarnegara Bangun Marketing House di Kecamatan Batur, Ini Kata Kadin Pertanian - Jendelaindo

Breaking

Home Top Ad

Iklan Spesial

8/27/2024

Pemkab Banjarnegara Bangun Marketing House di Kecamatan Batur, Ini Kata Kadin Pertanian

Banjarnegara, Jendelaindo - Pemerintah Daerah Banjarnegara melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan tengah membangun Rumah Display Produk (Marketing House) di Desa Sumberejo Kecamatan Batur. Rumah Display produk tersebut nantinya juga akan di gunakan sebagai rest area sekaligus menikmati kuliner bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Firman Sapta Adi mengatakan, "pembangunan Marketing House di awali dengan peletakan batu pertama oleh Pj Bupati Muhamad Masrofi, dan Sekretaris Daerah Indarto pada Jum’at (23/8/2024) lalu.

Firman mengatakan, Pembangunan tahap I Rumah Display Produk  tersebut akan menghabiskan anggaran sebesar Rp. 772.510.000 bantuan dari Kementrian Pertanian.

“Pembangunan tahap I ini akan digarap selama 75 hari sejak tanggal 16 Agustus hingga 30 Oktober 2024, Peletakan batu pertama oleh Pj Bupati dilakukan 23 Agustus kemarin, dan tahap ke II akan di garap tahun 2025 untuk pengembangan kawasan Rumah Display Produk” kata Firman.
Ia mengatakan Rumah Display Produk tersebut nantinya akan digunakan untuk memajang hasil pertanian seperti Kopi Banjarnegara, Sate domba batur dan  produk UMKM lainnya yang berasal dari Dieng dan sekitarnya.

Sementara Pj Bupati Banjarnegara  Muhamad Masrofi mengatakan, Rumah Display Produk ini penting dibangun agar bisa dimanfaatkan para wisatawan untuk beristirahat sambil menikmati kuliner khas Dataran Tinggi Dieng.

“Selama ini wisatawan dari pantura dan luar kota susah untuk mencari tempat kuliner yang representatif sebelum sampai ke Dieng jika melewati Banjarnegara.

“Rumah display produk ini diharapkan menjadi solusi bagi mereka untuk beristirahat sambil menikmati kuliner khas Dieng,” kata Masrofi.

Untuk menarik perhatian wisatawan, Pj Bupati Masrofi meminta agar nantinya Rumah Display Produk dibangun rapi, bersih dan didesain menarik sehingga tempat tersebut akan selalu menjadi tempat persinggahan dan akan menjadi salah satu penyangga wisata Dieng.

“Di Rumah Display Produk ini, para wisatawan kita suguhi dengan makanan dan minuman khas Banjarnegara, utamanya dari Dieng sehingga tempat tersebut akan menjadi incaran wisatawan untuk istirahat sebelum Dieng,” lanjutnya.

Sementara Camat Batur Aji Piluroso mengatakan, Pembangunan Rumah Display Produk  yang juga akan di manfaatkan untuk rest area ini adalah bentuk tanggung jawab  Pemerintah daerah untuk Pengembangan Kawasan Pariwisata di Dieng.

“Kecamatan Batur menjadi pintu masuk sebelum ke Dieng dari arah barat, banyak wisatawan yang melewati Batur sebelum ke Dieng, jadi pembangunan Rumah Display Produk akan menjadi solusi wisatawan untuk beristirahat atau sekedar berkuliner ,” katanya.

(aff/aff)