Puluhan Media di Magetan Bersama KPU Provinsi Jawa Timur, Gelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih - Jendelaindo

Breaking

Home Top Ad

Iklan Spesial

8/16/2024

Puluhan Media di Magetan Bersama KPU Provinsi Jawa Timur, Gelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih

Magetan, Jendelaindo - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih dengan tema "Peran Media Massa dalam Mensukseskan Pilkada Serentak 2024", Jumat (16/8/2024).

Acara sosialisasi yang dilaksanakan di rumah makan Harmada Joglo dihadiri oleh perwakilan dari berbagai awak media baik dari media cetak, online, radio, dan televisi yang bertugas di wilayah Magetan. Selain itu, hadir pula narasumber dari Bawaslu Magetan, M. Ramzi dan Wisnu Wardhana mantan ketua KPU Madiun.

Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur, Nanik Karsini menyampaikan jika acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya peran media massa dalam memberikan informasi yang akurat dan netral terkait proses pemilihan kepala daerah serentak yang akan digelar di seluruh Indonesia pada tahun ini.

"Media massa bukan hanya berfungsi sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai agen perubahan yang dapat mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam Pilkada Serentak 2024 nanti," ujarnya.

Lebih lanjut, Nanik juga mengingatkan selain menjadi penyampai informasi, pentingnya independensi dan profesionalisme media dalam menyajikan berita yang objektif dan berimbang juga harus dijalankan.

"Media harus menjadi sumber informasi yang terpercaya bagi masyarakat, serta mampu menghindari penyebaran berita bohong atau hoaks yang dapat merusak tatanan demokrasi," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Agus Suyanto, Ketua PWMOI Magetan yang menjadi ketua panitia acara tersebut, mengatakan dengan adanya sosialisasi dan pendidikan pemilih dengan tema "Peran Media Massa dalam Mensukseskan Pilkada Serentak 2024" diharapkan bisa menambah ilmu bagi awak media dalam menyajikan berita atau mengakses informasi seputar pilkada.

"Media memiliki tanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menggunakan hak pilih mereka dengan bijak dan jangan sampai menjadi penyebar berita yang tidak sesuai dengan realita. Apalagi disaat Pilkada nanti. Jadi sosialisasi seperti ini sangatlah penting," jelasnya.

Acara ini juga diisi dengan diskusi panel yang membahas berbagai topik terkait, seperti strategi penyebaran informasi yang efektif, cara menangkal hoaks, dan pentingnya literasi media bagi masyarakat. Diskusi tersebut diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat bagi pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 yang bersih, transparan, dan demokratis.

KPU Provinsi Jawa Timur berharap melalui sosialisasi ini, masyarakat dapat lebih memahami peran penting media massa dalam mensukseskan Pilkada Serentak 2024, serta tergerak untuk berpartisipasi aktif dalam menggunakan hak pilih mereka.