Selain Surabaya, di Jawa Timur IZI Baru Buka Cabang di Magetan dan Lumajang - Jendelaindo

Breaking

Home Top Ad

Iklan Spesial

8/22/2024

Selain Surabaya, di Jawa Timur IZI Baru Buka Cabang di Magetan dan Lumajang

Magetan, Jendelaindo - Terus memperluas jangkauan layanan di Jawa Timur, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) terus mengembagkan sayapnya dengan meresmikan kantor layanan baru di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. 

Pembukaan kantor di Imam Bonjol, Kelurahan Kauman Magetan ini menjadi salah satu langkah strategis untuk meningkatkan pelayanan zakat, infak, dan sedekah bagi masyarakat di wilayah Magetan dan sekitarnya, Rabu (21/8/2024).

Acara peresmian yang digelar dengan khidmat ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk kepala Kemenag Magetan, Taufiqurrohman, Camat Magetan, Yudo Wahyono, Kepala Kantor IZI Jawa Timur, Helmy Bachtiar, Kepala Dinas Sosial Magetan, Parminto Budi Utomo dan beberapa undangan lainnya.

Kepala Kantor IZI Jawa Timur, Helmy Bachtiar, menyampaikan bahwa pembukaan kantor layanan ini merupakan wujud komitmen IZI dalam mendekatkan layanan kepada masyarakat, terutama di wilayah yang sebelumnya belum terjangkau.

“Dengan adanya kantor layanan IZI di Magetan, masyarakat akan lebih mudah mengakses berbagai program bantuan dan pemberdayaan yang kami tawarkan. Ini adalah langkah penting untuk semakin memaksimalkan potensi zakat sebagai instrumen pemberdayaan umat,” ujarnya.

Dijelaskan Helmy, untuk lembaga zakat sesuai aktivitas ada 3 hal yang menjadi perhatian. Mulai dari tata cara mengajak agar masyarakat untuk berzakat, kemudian tata cara mengelola dan yang ketiga tata cara dalam pendistribusian atau pendayagunaan zakat tersebut.

"Jadi keberadaan kami itu mempunyai 2 tugas utama. Yang pertama adalah menjadi fasilitas kemudahan orang menunaikan zakat, infaq dan sedekah maupun donasi keagamaan lain. Kemudian yang kedua harapan kami adalah program ini bisa dirasakan di masyarakat sekitar, baik itu menyelesaikan masalah jangka pendek maupun masalah jangka panjang sehingga muncul kemudahan di masyarakat atas badan isi," terangnya.

Kantor layanan IZI Magetan ini akan memberikan berbagai layanan, mulai dari konsultasi zakat, penyaluran zakat, infak, dan sedekah, hingga berbagai program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang berbasis zakat. Selain itu, kantor ini juga akan menjadi pusat koordinasi bagi berbagai kegiatan sosial yang dilakukan IZI di wilayah Magetan.

"Jadi selain Kantor perwakilan IZI di Jawa Timur, kita juga ada kantor layanan yang ada di Lumajang dan di Magetan ini menjadi kantor layanan atau gerai kedua IZI di Jawa Timur," imbuhnya.

Acara peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh kepala Kantor Perwakilan IZI Jawa Timur bersama Camat Magetan dan Kepala Dinas Sosial Magetan.

Dengan hadirnya kantor layanan ini, IZI berharap dapat menjangkau lebih banyak mustahik (penerima zakat) dan memberikan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat Magetan. Di tengah berbagai tantangan ekonomi saat ini, IZI optimis kehadirannya di Magetan akan membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan.