Semarak Hut RI ke-79, Yayasa Dian Dharma Gelar Berbagai Lomba - Jendelaindo

Breaking

Home Top Ad

Iklan Spesial

8/26/2024

Semarak Hut RI ke-79, Yayasa Dian Dharma Gelar Berbagai Lomba

Banjarnegara - Masih dalam suasana semarak HUT ke-79 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Yayasan Dian Dharma Kabupaten Banjarnegara menggelar lomba estafet air dengan sarung dan voley terpal.

Dua lomba unik ini digelar di alun-alun Banjarnegara, Senin 26 Agustus 2024, yang diikuti oleh ratusan pengurus, guru dan kepala sekolah TK Pertiwi di bawah naungan Yayasan Dian Dharma.
Ketua Yayasan Dian Dharma Banjarnegara, Ny Hj Sri Rejeki Indarto SE, dalam arahannya, mengatakan Yayasan Dian Dharma turut tergerak untuk turut mengisi kemerdekaan dengan memeriahkannya melalui kegiatan dan lomba yang positif. Lomba tersebut juga untuk meningkatkan kebersamaan dan persatuan.

Momen lomba 17 Agustus adalah salah satu momen dimana semua masyarakat berkumpul baik sebagai panitia, peserta lomba maupun penonton dengan rukun. Manfaat hidup rukun bisa didapatkan karena semua masyarakat dari berbagai ras, agama maupun suku bercampur baur menjadi satu dalam perlombaan.

“Dengan lomba ini kita menjalin keakrabatn, melatih kerjasama tim dan kekompakan. Karena untuk mencapai kemenangan sangat dibutuhkan kerjasama dan kekompakan dari semua anggota tim,” kata Sri Rejeki.

Melatih Sportivitas

Sri Rejeki juga berharap, adanya lomba ini akan melatih rasa sportivitas di antara anggota yayasan dan para guru, serta menambah nilai rekreatif.
“Setiap perlombaan selalu ada menang dan kalah. Tapi yang lebih penting adalah nilai rekreasi yang sehat, sehingga peserta mendapatkan manfaat berupa pikiran yang positif dan bahagia,” ujar Sri Rejeki.

Pada lomba estafet air dengan sarung, masing-masing regu harus fokus membawa air dalam plastik menggunakan kain sarung dan mengopernya ke anggota lain sambil berpegangan tangan. Air dalam plastik harus dilemparkan ke ember yang sudah disediakan di ujung lintasan. Sekilas permainan ini terlihat mudah namun dibutuhan kerja sama tim yang kompak dan ketangkasan. 

Pada lomba ini, keluar sebagai juara 1 adalah Kecamatan Susukan, Juara 2 Kecamatan Batur, Juara 3 Kecamatan Punggelan-B, Harapan 1 Kecamatan Rakit, Harapan 2 Kecamatan Punggelan-A, dan Harapan 3 dari Kecamatan Madukara.
Adapun pada lomba voley terpal, tampil sebagai juara 1 adalah Kecamatan Mandiraja, juara 1 Kecamatan Rakit, sementara Juara 3 dipegang oleh dua utusan sekaligus yakni Pagentan dan Punggelan-B.

Lomba voley terpal ini unik dan seru, karena pertandingan voli menggunakan net tertutup oleh terpal sehingga antar klub voli tidak dapat melihat aksi serangannya dari tim lawannya.

Gelaran lomba diakhiri dengan penyerahan hadiah untuk para juara, syukuran sederhana makan bersama dengan menu sehat, dan bergambar bersama antara pengurus dan peserta.*** (kominfo_mjp)